Apa itu Printer Deskjet ? Inilah daftar Printer Hp Deskjet terbaru

adsense 336x280
Dalam dunia percetakan, kita mengenal berbagai jenis printer antara lain Inkjet, laserjet dan Dotmatrix. Printer Dotmatrix menjasdi awal dari penemuan printerr modern. Namun sekarang printer jenis tinta atau inkjet lebih populer untuk usaha percetakan maupun perorangan.

Ketika kita akan membeli printer, kita disuguhkan dengan berbagai macam merk dan tipe, salah satunya printer deskjet. Lantas apa itu printer deskjet ? dan bagaimana harga serta spesifikasinya ? Simak artikelnya dibawah.



Deskjet merupakan nama yang diberikan oleh salah satu produsen komputer HP. Nama ini lebih tenar dibandingkan HP selaku nama merk utamanya, karena dipasaran lebih dikenal dengan nama Deskjet.

HP Deskjet series, juga seperti printer jenis inkjet lainya yang menggunakan tinta sebagai media pewarnaan. Baik inkjet atau deskjet juga sama menggunakan metode penyemprotan dari printhead. Namun ada perbedaan khususnya pada proses cleaning, Deskjet hanya akan menghisap tinta ketika proses pencetakan berlangsung, sementara pada inkjet seperti Canon atau Epson justru akan timbul aliran saat proses cleaning.

Secara spesifik, printer deskjet juga dibedakan menjadi tiga macam yaitu, Hp Deskjet, Hp Deskjet ink Advantage, Hp deskjet ink advantage Ultra, dan Hp Deskjet GT.

1. Hp Deskjet

Untuk tipe pertama, bisa dikatakan tipe standar dari produk printer Hp. Tipe satu ini memang menyasar pada penggunaan pribadi seperti untuk kepentingan tugas kuliah. Fitur yang ditawarkan juga cukup standar namun memiliki kualitas cetak yang bisa dibandingkan dengan produk lainya.

Hp deskjet series ini dapat mencetak gambar dengan resolusi mencapai 4800 x 1200 dengan catatan input gambar yang akan dicetak juga beresolusi tinggi.

Meski demikian, Tipe standar dari printer Hp ini telah mendukung fitur multifungsi. Artinya, selain dapat mencetak dokument anda juga bisa memindai dan melakukan fotocopy.

Benerapa printer yang termasuk Hp deskjet series beserta harga antara lain ;

  • Hp Deskjet 2622
  • Hp Deskjet 2621


2. Hp Deskjet Ink Advantage

Untuk tipe kedua bisa dibilang versi upgrade dari tipe sebelumnya. Tak hanya kualitas hasil cetakan yang memuaskan, ada beberapa fitur tambahan pada tipe printer ini.

Tipe ini sudah dilengkapi fitur konektivitas tanpa kabel atau wireless dengan ePrint. Sehingga anda dapat melakukan proses printing dari laptop melalui wifi tanpa menyambungkan kabel. Fitur ePrint sendiri memungkinkan anda melakukan pencetakan melalui smartphone atau tablet dimana saja.

Untuk sistem ink, masih menggunakan cartridge. Namun tenang saja, cartridge untuk printer Hp terbilang memiliki harga terjangkau. Printer ini cocok untuk kepentingan pribasdi atau kantor.

Benerapa printer Hp deskjet Ink Advantage dan harganya antara lain ;
Hp 3635

3. Hp Deskjet Ink Advantage Ultra

Pada dasarnya, Deskjet ink ultra memiliki fitur dan spesifikasi yang sama dengan Deskjet ink Advantage, namun ada satu hal yang membedakan. Versi Advantage hanya mampu mencetak 1000 halaman per cartridge, maka pada Versi Ultra mampu mencetak 1500 halaman per cartridge.

Sementara, fitur seperti wireless connectivity dan fitur multifungsi juga ada pada printer jenis ini. Dilihat dari hasil cetakan, nampaknya memiliki kualitas yang baik dan memiliki resolusi yamg tajam.

Meski menggunakan konektivitas Wireless, Printer ini juga disediakan konektivitas USB 2.0 Hi-speed yang dapat digunakan sebagai koneksi dengan komputer tanpa Wifi. Printer ini cocok untuk urusan bisnis dan usaha percetakan rumahan.

Contoh printer Hp deskjet ink advantage ultra antara lain
Hp Deskjet Ultra 2020

4. Hp Deskjet Gt

Tipe terakhir pada Deskjet series adalah tipe Deskjet GT. Dari sekian tipe, nampaknya ini yang paling super, karena memiliki spesifikasi dan fitur yang sangat lengkap.

Salah satu fitur tipe GT adalah adanya sistem infus. hal ini berb
eda dengan seri deskjet yang lain dimana sistem cartridge menjadi pilihan. Namun dengan adanya sistem infus maka penggunaan tinta bisa lebih ekonomis.

Selain itu printer ini mampu mencetak hingga 5000 halaman, sehingha jika dihitung maka biaya cetak menggunakan printer ini berkisar Rp.17 per laman hitam putih dan Rp.32 per laman berwarna.

Bagaimana konektifitasnya ? sama seperti seri yang lain. Ada pilihan wireless dan USB 2.0. Fitur Printm Copy, Scan juga telah diterapkan pada printer ini. Sehingga efektif untuk usaha percetakan dan bisnis.

Contoh printer Hp Deskjet Gt antara lain ;

  • Hp GT 5810 Rp.2.249.000
  • hp GT 5820 Rp. 2.850.000


Kesimpulan

Kesimpulannya, bagi anda yang sedang mencari printer sesuaikan dengan penggunaan anda. Apakah printer tersebut digunakan untuk usaha atau kepentingan pribadi. Karena tiap printer memiliki spesialisasi yang berbeda. Untuk tipsnya bisa anda simak pada artikel berikut


Direkomendasikan untuk memilih jenis printer injet, karena tipe ini memiliki banyak variasi dan lebih ekonomis. Selain itu printer injet juga lebih populer digunakan, ketika tinta habis maka anda perlu mengganti cartridge untuk sistem cartridge atau menyuntikan tinta ke tanki untuk sistem infus.

Gunakan juga tinta original untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian pembahasan kita kali ini tentang printer deskjet dan simak pula beberapa spesifikasi dan harga printer lainya hanya di omprinter, semoga bisa menjadi referensi.
adsense 336x280