9 Macam Driver Pada Komputer + Fungsi dan Pengertiannya

adsense 336x280 Fungsi Driver Komputer - Saat kita membeli komputer pasti tidak bisa langsung dipakai begitu saja, ada tahapan yang harus diselesaikan termasuk memginstall operating system dan menghinstal driver uuk hardware. Untuk OS pasti anda semua sudah tahu, tapi bagaimana dengan driver ? apa pengertiannya, bagaimana cara kerjanya dan untuk apa fungsinya ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

Pengertian Driver Pada Komputer/Laptop


Menurut Wikipedia Driver merupakan sebuah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Hal itu dikarenakan sebagian besar perangkat keras pada komputer tidak dapat berjalan sebelum di lakukan pengenalan ke CPU komputer, dan driver inilah sebagai pengenal.

Sementara menurut Edy Winarno, driver adalah sekumpulan perangkat lunak untuk memperkenalkan perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak ini sistem mampu untuk menggunakan perangkat keras dengan baik.


Dari pernyataan diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa Driver komputer adalah software yang membantu CPU mengenali hardware yang sedang dipakai. Sehingga apapum perintah yang kita instruksikan kepada hardware, bisa diterjemahkan dan berjalan seperti yang diinginkan.

Seperti namanya, driver dapat kita ibaratkan sopir yang siap mengantarkan kita kemana saja. Selama sopir belum ada, apa mobil akan berjalan ? tentu tidak. Dan disin sopir diperlukan untuk menjalankan mobil ke tempat tujuan, sehingga tanpa driver hardware juga tak dapat berjalan.

Sementara pada kasus aslinya bisa kita ambil contoh ketika akan melakukan printing dokument. Meskipun kita telah mencolokan kabel USB pada printer ke komputer dan perintah print sudah kita klik maka printer belum mampu bekerja.

Mengapa ? karena OS komputer belum mengenali hardware printer sehingga mesko sudah dihubungkan melalui USB, printer tidak terbaca oleh OS.

Fungsi Driver Pada Komputer


Dari pengertian driver laptop diatas kita bisa tarik kesimpulan bahwa driver pada komputer memiliki dua fungsi utama yakni ;

  • Menghubungkan/memperkenalkan hardware dengan Operating system atau software yang anda pakai.
  • Memaksimalkan hardware agar bekerja lebih maksimal.


lantas kapan kita harus install driver?

Kita bisa menjalankan instalasi driver ketika komputer atau laptop kita baru saja di install ulang atau ketika ada hardware baru yang belum pernah dihubungkan ke laptop anda.

Bagaimana cara mengisntallnya ?

Cara menginstall driver pada komputer sebenarnya sama saja seperti menginstall software berbasis windows yang lain. Ketika kita sudah mendapatkan sortware driver, maka kita akan dibawa ke kotak dialog yang berisi panduan instalasi.

Kita hanya perlu mengikuti instruksi pada kotak dialog tersebut hingga selesai, dan jangan lupa untuk menghubungkan hardware anda saat instalasi. Misal ketika akan menginstal modem maka pastikan modem terhubung baik melalui wifi atau USB.

Dimana kita bisa mendapatkan sofrware driver ?

Untuk software driver sebenarnya berbentuk seperti aplikasi biasa. Jika pada windows maka software ini akan berwujid file .exe Dan seperti software pada umumnya, driver software juga memiliki versi dan tipenya. Meski sama hardwarenya bukan berarti sama drivernya. Oleh sebab itu kesalahan memilih driver juga bisa membuat instalasi gagal.

Secara umum, kita bisa mendapatkan software ini gratis ketika kita membeli hardware. Untuk hardware seperti modem, dan webcam biasanya file sudah berada didalam hardware dan otomatis muncl ketika kita pertama kali menghubungkan hardware.

Tapi, selain itu ada tempat lain untuk mendapatkan software ini. Secara umum ada dua cara yakni;

1. Pada CD/Hardware langsung

Yang paling umum, kita akan mendapatkan software ini gratis ketika kita membeli hardware. Seperti penjelasan diatas ada yang terletak didalam hardware langsung, ada puka yang disediakan pada sebuah CD. Driver yang berasal dari CD original ini adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel dengan hardware.

2. Download di situs resmi

Untuk hardware tertentu, biasanya memiliki software driver yang dilepas pada situs mereka. Hal ini tentu lebih efektif karena para developer tak perlu repot mengcopy driver ke CD satu persatu sehingga harga hardware juga bisa lebih murah.

Namun, kita perlu koneksi internet untuk mendownload driver tersebut yang besarnya beragam. Bisa dalam hitungan MB maupun GB. Cara ini banyak dipakai pada perusahaan hardware besar yang memiliki rentan update software yang tinggi. Inu juga memungkinkan anda melakukan upgrade terhadap hardware yang anda pakai.

Macam Macam Driver Pada Komputer


Berdasarkan kegunaannya, driver dibedakan menjadi 9 macam yaitu ;


  • Driver audio (Sound Card) : Komponen ini berhubungan dengan audio atau suara pada komputer.
  • Driver Bios : Komponen ini berhubungan dengan motherboard didalam komputer.
  • Driver Chipset : Komponen ini berhubungan dengan komponen chip/processor pada motherboard
  • Driver Graphics (VGA) : Komponen ini berhubungan dengan visual atau grapich (GPU) pada tampilan monitor komputer.
  • Driver Keyboard : Komponen ini berhubungan dengan kinerja keyboard.
  • Driver Mouse : Komponen ini berhubungan dengan mouse atau track pad.
  • Driver Storage : Komponen ini berhubungan dengan alat penyimpan data seperti harddisk
  • Driver Webcam : Komponen ini berhubungan dengan kamera web.
  • Driver Network : Komponen ini berhubungan dengan koneksi ke internet.


Demikian artikel lengkap mengenai pengertian dan fungsi driver pada komputer atau laptop, gimana sudah paham kan tentang cara kerja serta penjelasan apa itu driver. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua. adsense 336x280