Pengertian dan 26 Macam Peripheral Pada Perangkat Komputer

adsense 336x280 Macam Macam peripheral - Beberapa orang mengenal istilah peripheral yang umumnya lebih merujuk kearah perangkat yang terletak diluar casing komputer. Misal kita menghubungkan hardware ke komputer untuk memperluas fungsi komputer seperti webcam, maka fungsi sistem tersebut akan bertambah menjadi bisa melakukan perekaman video. Tapi, istilah peripheral sesungguhnya bisa diartikan semua perangkat tambahan yang dipakai untuk memperluas kinerja sistem. Apa saja komponen yang masuk peripheral ini ? simak ulasannya dibawah.

Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke perangkat komputer dengan bantuan kabel ataupun nirkabel (Wifi). Fungsi Peripheral ini yakni untuk membantu komputer menjalankan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware bawaan yang sudah tersedia didalam komputer. Dengan kata lain, komputer bisa melakukan hal baru ketika ada perangkat peripheral terhubung.

Secara umum, ada dua jenis peripheral yang dikenal, yakni :

1. Peripheral utama

Main peripheral bisa diartikan peralatan yang harus tersedia dalam pengoperasian unit komputer. Contohnya adalah monitor, keyboard dan mouse. Tanpa monitor, komputer bisa hidup tapi tidak bisa kita pakai. Sehingga ketidak tersediaan peripheral utama ini akan menggagalkan sistem komputer bekerja.

2. Peripheral Tambahan

Jika main peripheral merupakan perangkat utama komputer maka peripheral tambahan bisa diartikan peralatan yang tidak harus ada dalam sebuah komputer karena tidak mempengaruhi kinerja inti komputer tetapi perangkat ini diperlukan pada job tertentu. Contohnya printer, scanner, modem, dan lainnya.

Dari jenis diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa setiap perpheral memiliki perannya masing-masing yang saling bekerja sama satu sama lain. Secara lengkapnya tentant macam macam peripheral bisa anda simak dibawah.


Macam Macam Perangkat Peripheral Pada Unit Komputer


Setidaknya ada tiga jenis kelompok peripheral yaitu input device, processing device dan output device.

A. Peripheral input


rapidpc.co.uk

Perangkat input atau masukan bertugas sebagai media untuk melakukan entry data dari luar ke dalam suatu sistem. Fungsi perangkat ini adalah mentransmisikan data yang diinput operator ke bahasa pemrograman. Perangkat ini meliputi ;

1. Keyboard

Fungsi keyboard untuk memasukkan karakter berupa huruf, angka, simbol atau karakter khusus yang dijadikan sebagai media bagi pengguna untuk melakukan input berupa perintah lain seperti menyimpan dokument atau membuka dokumen. Keyboard berbentuk seperti papan yang dilengkapi dengan berbagai tombol karakter.

2. Mouse

Mouse bisa dijadikan perangkat input utama karena perangkat ini dijadikan untuk memindahkan pointer atau kursor yang ada di layar komputer. Pointer inilah yang kemudian dijadikan pilihan terhadap sebuah perintah, selain itu ads tiga inpu tambahan pada mouse. Tombol action, tombol option dan scroll button.

3. Light Pen

Perangkat ini bisa dikatakan seperti kita menulis diatas kertas, karena perangkat ini berbentuk bolpoin yang ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Sensor ini dipakai untuk mendeteksi pola gerakan yang kita gerakan sehingga pada aplikasi seperti paint kita bisa menggambar sesuai pola yang diinginkan. Sehingga bisa dikatakan fungsi light pen adalah untuk memasukan data dengan skema bebas.

4. Track Ball

Perangkat ini hampir sama seperti mouse, hanya saja tampilannya berbeda. Trackball, berbentuk bola yang jika kita putar maka pointer akan bergerak sesuai arah putaran. Perbedaannya dengan mouse, kita hanya memutar bola yang diam berada pada bodynya. Sementara mouse harus kita gerakan seluruh perangkatnya. Perangkat ini banyak dipakai pada Hp.

5. Touch pad

Perangkat ini juga sama seperti mouse hanya saja bentuknya seperti permukaan yang digerakan melalui sentuhan jari. Biasa digunakan sebagai pengganti mouse pada laptop/notebook.

6. Joy Stick

Fungsi stick adalah untuk memasukan sebagian perintah keyboard dengan pola tombol yang disesuaikan dengan kondisi tangan dengan tujuan memudahkan user saat bermain game.

7. Joy pad/Game pad

Perangkat ini juga sama dengan joystick hanya bentuknya yang berbeda, mirip papan yang memiliki pegangan dan terdapat tombol-tombol tertentu sebagai inputan. Perangkat ini Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

8. Microphone

Fungsi mic adalah untuk merekam atau memasukkan data berupa suara yang akan ditransmit didalam memori komputer atau langsung dikirimkan sebagai media komunikasi.

9. Webcam

Fungsinya untuk mengambil data berupa rekaman gambar/video untuk ditransfer langsung ke internet.

10. Scanner

Fungsinya untuk menginput file yang berbentuk hard copy menjadi softcopy yang hasilnya akan ditampilkan di komputer dan disimpan didalam memori komputer.

11. Optical drive

Fungsinya untuk menterjemahkan file dari dalam media penyimpanan disc (DVD/CD) untuk ditampilkan ke layar komputer atau bisa juga dosalin ke memori komputer.

12. Barcode Scanner

Fungsinya hampir sama seperti scanmer umum, namun perangkat ini lebih condong ke pemindaian suatu kode yang dipahami oleh bahasa pemrograman. Kode ini biasanya tertempel pada permukaan suatu barang untuk dijadikan ID barang tersebut. Dengan kata lain barcode scanner ini memudahkan proses identifikasi suatu barang.

13. Digital Camera

Fungsinya untuk merekam/menangkap obyek gambar yang selanjutnya ditampilkan ke layar komputer untuk diproses atau disimpan kedalam memori.


B. Processing Device

trustedreview.com

Peralatan proses menjadi unit yang melakukan tugas utama dalam komputer yang bisa mengendalikan seluruh proses pengolahan data. Dari mulai transmiting data dari input, sending data ke output semua yang mengatur adalah perangkat ini.

1. Motherboard

Merupakan inti atau rumah penghubung bagi perangkat CPU komputer. Perangkat lain yang dihubungkan pada motherboard adalah processor, RAM, kabel penghubung, hardisk, VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lainnya.

2. Processor

Fungsinya sebagai otak komputer yang akan memroses dan mengendalikan kinerja perangkat lainnya. Processor sendiri memiliki kapasitas kerja yang berbeda, biasanya pembedamya ada pada frekuensi dan jumlah core.

3. RAM ( random acces memory )

Fungsi RAM untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang dijalankan. Data pada RAM ini bisa diakses secara acak atau random dengan lebih cepat.

4. Video Card

Fungsinya untuk mendukung visual pada layar monitor yang lebih berkualitas dengan menyuguhkan graphic-grapich kualitas tertentu. Kota juga bisa mengatur kualitas ini untuk menyesuaikan dengan kinerja RAM dan processor.

5. Sound Card

Fungsinya sebagai module yang akan mengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.

6. Hardisk

Fungsi harddisk adalah menjalankan seluruh proses sistem operasi dan serta sebagai media penyimpan utama pada setiap data yang diterima.

7. ROM ( read only memory )

fungsinya Untuk menyimpan file atau informasi yang bersifat sementara.

C. Output Device


flipkart.com

Peralatan keluaran atau output adalah perangkat yang akan menyampaikan hasil pengolahan data kepada pengguna dengan bahasa yang dimengerti pengguna.

1. Monitor

Fungsi monitor adalah untuk menampilkan data dan informasi dalam bentuk teks atau grafik yang dipahami oleh manusia pada layar monitor.

2. Speaker

Fungsinya untuk menampilkan data/informasi berupa suara dengan tingkat kemiripan tinggi sesuai suara inputnya atau mengeluarkan suara yang sudah diatur efeknya pada software pengolahan suara.

3. Printer

Fungsi printer adalah kebalikan scanner yakni untuk mencetak data/informasi dari bentuk softcopy kedalam bentuk hardcopy (dokument kertas).

4. Ploter

Hampir sama seperti scanner tapi ploter lebih cocok digunakan untuk mencetak gambar dengan dimensi yang cukup besar, seperti gambar konstruksi detail mesin atau konstruksi bangunan.

5. Infocus/Proyektor

Infocus juga hampir sama seperti monitor yang berfungsi untuk menampilkan objek visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus bekerja dengan metode proyeksi titik-titik sinyal ke permukaan benda lain. Infocus atau lebih familiar dengan proyektor sering dipakai pada acara presentasi karena dimensi objek yang dihasilkan jauh lebih lebar.

Selain tiga kelompok perangkat diatas, masih ada satu lagi yakni kelompok network device seperti modem. Fungsinya untuk menghubungkan perangkat komputer atau jaringan ke network internet.

Demikian artikel lengkap mengenai pengertian dan macam macam perangkat peripheral pada unit komputer semoga bermanfaat bagi kita semua. adsense 336x280