Cara Kerja Printer Ink Jet Lengkap + Gambarnya

adsense 336x280 Cara kerja printer inkjet - Saat ini, kebutuhan akan dokument sudah beralih ke teknologi elektronik. Printer dipakai untuk melakukan perubahan wujud dari dokument soft yang ada di komputer ke bentuk hard copy dalam bentuk dokument kertas.

Secara umum, ada tiga jenis printer yang digunakan untuk mencetak dokument yakni

  • Printer Dotmatrix, menggunakan prinsip mesin ketik elektronik.
  • Printer Laser Jet, printer ini menggunakan sinar laser untuk menggoreskan sebuah goresan di permukaan kertas.
  • Printer Inkjet, printer yang menggunakan tinta untuk membuat dokument.


Lantas, seperti apa cara kerja printer inkjet/tinta ? simak ulasan lengkapnya pada artikel bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Printer Inkjet



printer Ink Jet merupakan sebuah printer yang memakai metode penggoresan tinta untuk mencetak dokumen. printer ini mampu mencetak dokument pada kertas yang memiliki ukuran sangat besar sekalipun dan kualitasnya juga cukup baik.

Karena hal itulah printer Ink Jet paling banyak digunakan saat ini. Printer Ink Jet memiliki resolusi bervariasi, ada yang sebesar 1200 dpi ada pula yang mencapai 5760×1440 dpi. Printer jenis Ink Jet ini memiliki teknologi on demand printing. Teknologi ini bekerja dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle pada ujung jarum printer.

Kelebihan printer inkjet


  • Mampu menghasilkan kualitas cetak yang tinggi dan lebih natural karena menggunakan tinta.
  • Ada efek timbul pada dokument sehingga memiliki warna yang cukup tajam.
  • Dari segi harga juga printer ini masuk ke printer termurah.
  • Kecepatannya cukup baik untuk kinerja ringan.


Tapi, ada kelebihan ada juga kekurangannya. Meski memiliki kecepatan cetak tinggi inkjet masih belum mampu menandingin kecepatan cetak laser. Sehingga kurang cocok dipakai dalam skala besar. Kelemahan lainnya ada pada biaya produksi, karena memakai tinta maka kita perlu menyiapkan cadangan cartridge yang berisi tinta minimal tiga warna. Hal tersebut membuat harga cetak per halaman lebih tinggi.

Dari segi kualitas memang cukup baik, tapi ada kelemhan lagi. Sifat tinta mudah luntur, sehingga ketika dokument terkena benda cair maka tinta lebih mudah luntur.

Bagaimana Cara Kerja Printer Inkjet ?


Secara umum, inkjet printer bekerja dengan menyalurkan tinta dari cartridge ke permukaan dokumen melalui rangkaian jarum printer. Jarum printer inilah yang bergerak mengkuti pola dokument yang akan dicetak. Secara lengkapnya ada empat tahapan yakni :

1. Tahap Persiapan

Tahap persiapan adalah proses yang dimulai ketika ada arus listrik yang masuk kedalam printer. Dalam fase ini, printer akan melakukan learning dan akan mencari signal yang berasal dari komputer. Jika driver printer sudah diinstal pada komputer maka printer bisa langsung mengenali komputer tersebut.

Pada fase ini, juga harus dipersiapkan kertas harus diisi pada tray. Jika tidak maka sensor pada printer akan menghentikan proses printing.

2. Tahap Pengaturan

Tahap kedua berjalan dimana kita mengatur bagian mana yang akan dicetak. Pada tahap ini kita bisa memilih kualitas cetak yang tersedia, ada pilihan high, standart , ekonomi dan costum . Disini kita juga bisa mengatur apa kita akan melakukan pencetakan berwarna atau pencetakan monokrom. Data yang kita atur tadi akan masuk ke rangkian controller printer sebagai acuan pada tahap selanjutnya.

3. Tahap Pencetakan

Tahap ketiga terjadi ketika kita selaku operator sudah yakin dengan settinganya dan memilih perintah print dokument pada komputer kita. Setelah kita menekan "OK" pada dialod printer maka komputer akan mengirimkan data ke printer melalui kabel USB dalam bentuk bilangan biner. Data ini kemudian masuk ke PCB printer untuk diterjemahkan.

PCB inilah yang akan menerima segala informasi dari komputer serta mengatur segala pergerakan head printer. PCB kemudian akan mengirim perintah ke stepper motor yang memasukan kertas dari tray, dan stepper motor penggerak kepala printer.

Setelah stepper penggerak kertas menerima perintah maka motor ini akan menarik kertas dengan memutar roller dan stepper penggerak head printer juga menggerakan kepala printer ke kanan dan kiri sesuai perintah dar PCB dengan bantuan belt. Dengan bergeraknya head printer, cartridge akan mengeluarkan tinta yang disalurkan ke ujung noozle dengan bantuan PCB.

Pada headprint juga ada komponen michrochip yang bisa mengatur gerakan dan pengeluaran tinta agar membentuk huruf yang sama persis dengan yang ada dikomputer.

4. Tahap Penyelesaian

Tahap terakhir terjadi ketika seliruh dokument sudah tercetak pada kertas. Dan roller akan menarik kertas yang sudah dicetak ke out tray. Saat seliruh kertas keluar, maka PCB akan mengurimkan feedback ke komputer untuk memberitahukan bahwa proses printing selesai.

Jika ada permasalah terkait proses printing maka akan disertakan pada data ini sehingga komputer dapat menampilkan status pencetakan agar dipahami oleh operator.

Tips Merawat Inkjet Printer


Keberadaan printer seolah sudah menjadi kesatuan bersama komputer, namun sering kali kita selaku pengguna tidak memperhatikan perawatan printer dengan baik. Hal inilah yang justru akan menimbulkan masalah terhadap printer kita, untuk itu berikut ini akan kita sertakan beberapa tips merawat printer secara mudah dan murah antara lain :


  • Gunakan printer secara periodik sedikitnya 2 – 3 kali seminggu, hal ini bertujuan untuk membuat aliran tinta tetap lancar.
  • Matikan printer saat tidak digunakan atau selesai dipakai. hal ini akan mencegah tertutupnya lubang-lubang aliran tinta pada kepala printer.
  • Bersihkan kotoran yang ada dalam printer minimal dua minggu sekali.
  • Jagalah kondisi cartridge tetap aman dan bersih
  • Jika gagal mencetak matikan printer terlebih dahulu. Bisa melalui sokey daya jika printer eror.


Demikian artikel lengkap mengenai cara kerja printer inkjet saat mencetak dokument, gimana sudah tahu kan prinsip kerja printer ini. baca juga artikel tentang printer melalui artikel terkait dibawah. Sekian dan semoga bisa menambah wawasan kita. adsense 336x280