17 Dampak Positif & Negatif Internet Dalam Kehidupan Sehari Hari

adsense 336x280
Internet merupakan jaringan nirkabel terbesar didunia. Dengan menggunakan internet, kita bisa mengetahui kondisi pada belahan bumi manapun hanya dengan smartphone. Hal itu karena internet bersifat global dan tak terbatas. Tapi seperti hal lain, jika tidak digunakan secara bijak maka akan berakibat buruk bagi kita termasuk internet. Dibawah ini akan kita bahas dampak positif dan negatif internet dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak Positif Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

dampak positif internet pada pelajar

Jika digunakan dengan bijak maka internet juga sangat berguna bagi kita dalam menjalani kehidupan ini. Itu karena sebenarnya internet dibuat untuk memudahkan aktifitas manusia, apa saja dampak positif penggunaan internet di kehiudupan ?

1. Media Bertukar Data

Melalui internet kita bisa saling bertukar informasi, dengan adanya email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet dimanapun dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

2. Media Komunikasi Paling Efektif

Sebelumnya kita mengenal telepon sebagai alat komunikasi jarak jauh, tapi penggunaan telepon lebih terbatas dan membutuhkan biaya lebih mahal. Dengan adanya internet kita bisa melakukan komunikasi baik teks atau interface dengan pengguna internet lain dimanapun dengan biaya yang lebih murah. Apalagi saat ini ketika teknologi voice note hingga snapchat dibuat maka komunikasi via internet pun semakin menarik dilakukan.

3. Media Sosialisai Sesama Pengguna

Dari sekian banyak situs di internet, yang paling populer adalah sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram. Itu membuktikan bahwa internet juga bisa dijadikan sarana bersosialisasi sesama pengguna lain yang jaraknya berjauhan. Uniknya, kita juga bisa membuat group sosial menggunakan fitur ini.

4. Kemudahan Untuk Mencari Informasi

Dulu, pengetahuan disampaikan melalui media buku dan pemaparan dari guru. Tapi sejak internet mulai marak dipakai, maka setiap ada persoalan atau pertanyaan sulit maka internet jadi pilihannya atau bahasa kerennya langsung tanya mbah google. Itu membuktikan bahwa internet juga mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi yang tak terbatas, karena sifat internet yang juga tak terbatas.

5. Mempermudah Transaksi Dalam Bisnis

Sekarang, mulai marak sistem pembayaran non tunai. Sebelumnya kita juga telah mengenal sistem ebanking. Atau transaski secara online tanpa harus mampir ke ATM. Ini tentunya akan mempermudah kita untuk melakukan transaksi dengan siapapun dimanapun hanya dengan modal sebuah smartphone.

6. Membuka Peluang Usaha Baru

Saat ini, ada berapa banyak orang yang sukses berbisnis online. Namanya saja bisnis online pasti modal utamanya adalah internet, ini akan membawa peluang-peluang baru dari sebelumnya sistem bisnis terfokus ke media offline saat ini berpindah ke media online. Sebut saja market place, sudah berapa banyak market place yang terlahir di negara kita ? dengan adanya marketplace seperti itu para pemilik produk bisa memasarkan produknya secara online.

7. Mempermudah Pencarian dan Pelamaran Pekerjaan

Selain situs market place, ada juga situs khusus untuk job seekers. Situs ini akan menampung beberapa posisi yang sedang dibutuhkan di beberapa perusahaan, dan enaknya user yang ingin bergabung bisa langsung aply lamaran via situ tersebut atau via email. Sehingga tak perlu repot ke kantor pos dan menunggu surat lamaran sampai.

8. Mempermudah Penyebaran Pengetahuan Kedaerah Terpencil

Seperti sebelumnya, dibeberapa daerah yang terpencil akses untuk melakukan pengiriman barang juga akan terganggu. Akibatnya ada efek pada pengetahuan yang kurang dari daerah lain, namun jika ada jaringan internet maka siapaun didaerah terpencil bisa mengakses informasi apapun terutama pengetahuan. Sehingga internet bisa mempermudah dalam penyebaran ilmu pengetahuan.

9. Meningkatkan Kreatifitas Seseorang

Internet juga banyak digunakan sebagai media sharing, entah sharing foto, cuitan atau karya tulis. Sebut saja seorang Blogger yang sharing artikel-artikel bermanfaat, pasti dampak bagi dirinya adalah kreatifitas menulisnya yang semakin meningkat.

Dampak Negatif Penggunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

dampak negatif internet pada pelajar

Selain dampak positif, segala sesuatu pasti juga akan membawa efek negatif apabila tidak bijak menggunakannya. Seperti pisau bermata dua, internet juga bisa membantu kita atau bahkan membunuh kita.

1. Maraknya Kasus Penipuan

Dari banyaknya kasus di internet, penipuan adalah yang paling sering temui. Penipuan ini bisa ditemukan pada jenis informasi apapun, contoh penipuan berkedok investasi yang marak diperbincangkan. Jenis penipuan ini dapat membawa kerugian pada korban hingga berjuta-juta. Jenis penipuan lain adalah berbasis hadiah, pasti anda sering mendapatkan pesan mendapatkan hadiah mobil dari perusahaan ini-itu dan untuk mengambilnya bisa ikuti langkahnya apda web yang tertera.

Cara termudah untuk menanggulangi aksi penipuan online ini adalah memastikan keaslian informasi dan kredibilitas situs yang tertera.

2. Maraknya aksi perjudian

Dampak lain yang bisa merusak adalah makin mudanya aksi perjudian, jaringan yang semakin luas justru mempermudah pelaku judi untuk beraksi, keuntungan bagi mereka. Mereka bisa melakukan aksi ini dari dalam kamar hanya dengan sebuah smartphone.

3. Penculikan dan Perdagangan Manusia

Dari beberapa dampak, mungkin ini yang paling mengerikan. Hal-hal ini bisa saja terjadi di internet karena sifat internet yang  terbuka membuat siapa saja bisa berkomunikasi termasuk pelaku kejahatan dan korban. Biasanya ini banyak terjadi di media sosial, kesulitannya kita akan sulit membedakan mana akun asli dan mana akun penjahat. Sehingga tetap jaga privasi anda saat berada pada meduia sosial.

4. Menyebarnya Berita Hoax

Ini juga tak bisa dihindari, informasi yang tersebar di internet begitu cepat sampai ke pembaca. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menjatuhkan popularitas seseorang ataupun tokoh, salah satunya dengan menyebarkan berita bohong atau Hoax. Kita sebagai pengguna internet pun bisa terpengaruh oleh berita tersebut. Oleh sebab itu setiap mendapatkan informasi kontroversial pastikan untuk melakukan cheking ke media yang memiliki izin resmi dari pemerintah.

5. Hacking dan Pencurian Data

Kasus-kasus peretasan juga sering terjadi di internet, modusnya pun bermacam-macam ada yang iseng ada juga ingin mendapatkan informasi rahasia dari apa yang diretas. Untuk menanggulangi aksi peretasan ini memang agak sulit karena mereka para hacker bisa mencari celah sekecil apapun untuk masuk ke akun kita. Solusinya, jangan terlalu menuangkan seluruh informasi berguna pada internet.

6. Mengganggu Kesehatan Khsusunya Mata

Aktifitas di internet bisa dilakukan dari dalam kamar dengan posisi duduk ataupun tertidur atau dengan kata lain kita jadi jarang gerak. Akibatnya mata yang dipaksa melihat sinar gadget bisa menimbulkan suatu permasalahan. Dan karena kita jarang gerak maka kesehatan kita juga berpotensi menurun.

7. Konten Dewasa Yang Bisa Diakses Anak Dibawah Umur

Dampak selanjutnya bisa terjadi jika anak dibawah umur surfing di internet tanpa pengawasan orang tua. Internet itu tak terbatas dan tidak ada segmentasi, sehingga bisa saja anak anak tersebut menyasar ke situs berkonten dewasa dan mengkonsumsi konten-konten yang tidak sesuai itu.

8. Ketergantungan dan Menumbukan sifat anti sosial

Dampak terakhir, bisa jadi sudah menghinggapi diri kita tapi kitanya belum sadar. Secara tidak sadar kita sudah ketergantungan terhadap gadget dan internet, coba berapa lama anda bisa bertahan tanpa memegang hp ? dan jika kuota internet habis apa anda akan berdiam diri saja ?

Pasti tidak, selain itu sifat yang lebih suka menyendiri atau anti sosial juga bisa datang karena kita merasa bahwa semuanya sudah tersedia di internet.

Kesimpulannya, internet merupakan pisau bermata dua yang bisa membantumu atau membunuhmu tingga bagaimana kita memakainya. Untuk menghindari oknum tak bertanggung jawab yang hanya mengejar keuntungan maka hati-hatilah saat anda berada di internet.


Demikian artikel lengkap mengenai dampak positif dan dampak negatif internet dalam kehidupan sehari hari semoga bisa mengedukasi dan bermanfaat bagi kita semua.
adsense 336x280