Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Serta Penerapannya

adsense 336x280
Pengertian Teknologi Informasi (IT) – IT merupakan sebutan atau istilah baru yang belakangan populer di Indonesia, apa itu IT dan apa fungsi IT ini ? IT atau lengkapnya disebut dengan TIK terdiri dari dua kata yakni informasi dan komunikasi. Menurut Wikipedia, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Sementara pengertian TIK menurut para ahli adalah sebagai berikut ;

  • Eric Deeson menyebutkan,Teknologi Informasi & Komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
  • Susanto menyebutkan Teknologi Informasi & Komunikasi adalah sebuah media/alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data/informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
  • Haag dan Keen (1996) menyebutkan teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data/informasi.
  • Williams dan Sawyer (2005) menyebutkan teknologi informasi adalah setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
  • Oxford English Dictonary menyebutkan teknologi informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.



Secara umum, teknologi Informasi meliputi seluruh aspek yang berkaitan denan proses manipulasi dan pengelolaan informasi seperti kamera dan teknologi komunikasi meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan penyampaian informasi seperti koran, website atau HP.

Fungsi IT ada enam antara lain:

  • Capture (menangkap seluruh data/informasi yang selanjutnya akan diolah.
  • Processing (mengolah beberapa data yang akan dijadikan sebuah informasi valid)
  • Generating (menghasilkan atau mengkonversi informasi tersebut ke bentuk yang berguna dan mudah dipahami misal laporan, grafik)
  • Storage (melakukan penyimpanan data/informasi ke sebuah media penyimpanan untuk dipakai dilain waktu)
  • Retrival (preoses pencarian kembali berbagai data yang sebelumnya masuk ke proses penyimpanan pada media penyimpanan)
  • Transmission (transmite/pemindahan data dari suatu perangkat ke perangkat lain melalui sebuah jaringan kabel atau nirkabel)


Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi


rcboe.org


Program komputer sebenarnya sudah dikenal sejak awal tahun 1800-an. Saat itu Augusta Lady byron dan Charles Babbage menulis program komputer yang dijadikan cikal bakan komputer digital pertama yang bernama ENIAC I pada awal 1900-an.

  • Ditahun abad yang sama, beberapa ahli telematika saat itu sudah mengembangkan beberapa teknologi antara lain ;
  • Samuel Morse bersama Sir William Cook mengembangkan telegraph dan bahasa morse untuk melakukan pengiriman informasi jarak jauh melalui media kabel pada tahun 1837.
  • Tahun 1861 orang sudah berfikir tentang penampilan sebuah informasi dalam bentuk visual pada permukaan layar. Saat ini penyaluran informasi dengan bentuk proyeksi ke media layar pertama kali diluncurkan.
  • Tahun 1877, Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipakai untuk menyampaikan informasi jarak jauh. Saat ini telepon karya Graham Bell dipakai secara umum.

Diawal abad 1900, pengetahuan dibidang TIK terus dikembangkan dengan tujuan pengiriman informasi untuk kepentingan perang dunia II. Hasilnya TV tabung pertama kali diluncurkan tahun 1923 oleh Zvorkyn, dan tahun 1948 komputer digital ENIAC I diluncurkan.
Sejak saat itu teknologi komputer dan jaringan terus dikembangkan hingga melahirkan beberapa proyek seperti ; DARPA, CSNET, IETF, ARPANET dan lain sebagainya.

Diawal 1990-an, Internet diperkenalkan oleh CERN dengan protokol jaringan WWW. Sejak saat inilah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat, melalui internet inilah hadir berbagai media-media ternama yang berperan dalam proses penyampaian informasi secara akurat.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupan


Di era milenial ini, informasi seolah menjadi hal yang transparan. Semua orang seakan bisa mengetahui segala informasi apapun dengan mudah dan cepat. Imbasnya ada pada beberapa hal berikut ini

1. Dalam bidang Pendidikan

Perkembangan penyampaian informasi pada dunia pendidikan juga mengalami peningkatan. Penerapan TIK pada dunia pendidikan bisa kita lihat pada beralihnya sistem pembelajaran konvensional ke sistem pembelajaran digital.

Dimana materi pembelajaran sudah diringkas dalam suatu Ebook atau Apps yang memungkinkan siswa dan guru mengaksesnya tanpa melakukan pembelian buku. Tentu penyampaian model ini akan lebih akurat, cepat, serta murah. Asal ada jaringan internet maka dimanapun kita bisa mengakses materi pembelajaran yang sama.

2. Bidang Kesehatan

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan bisa dilihat pada penggunaan kartu cerdas (smart card). Sistem ini dipakai untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, sebelumnya dokter akan mengupdate riwayar apa saja yang pernah diderita pasien ke kartu ini. Sehingga ketika pasien pergi kerumah sakit dokter akan lebih mudah dan akurat dalam menentukan langkah berikutnya.

3. Sektor Perbankan

Dalam dunia perbankan, ada banyak sekali penerapan teknologi ini.Salah satunya adalah internet banking. Dengan adanya internet banking kita bisa melakukan transaksi melalui smartphone yang kita miliki tanpa pergi ke ATM. Tentu akan lebih mudah dan efisien. Contoh lain ada pada E money, ini biasa kita temui pada jalan tol atau transportasi umum (KRL/TransJakarta). Dengan menggunakan Emoney ini maka waktu transaksi akan lebih cepat sehingga meningkatkan nilai efektifitasnya.

4. Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis juga tak kalah pesat, perkembangan IT justru mengalihkan proses jual beli ke arah digital. Ini bisa kita lihat menjamurnya strartup-startup dinegara kita serta makin maraknya E-Commerce di negara kita.

5. Sektor Perusahaan/Instansi

Penerapan Teknologi Informasi juga banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar. Hal tersebut dikarenakan tuntutan efisiensi waktu dan biaya pada perusahaan itu. Sebut saja sistem fingerprint. Sistem ini akan secara otomatis mendeteksi kehadiran pegawai perusahaan, sistem fingerprint dapat mencatat secara akurat kapan waktu kedatangan dan kepulangan karyawan.

Contoh lain ada pada penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP merupakan suatu aplikasi yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. Dengan adanya sistem-sitem digital ini maka efeisiensi waktu dan biaya akan semakin bertambah.


Demikan artikel lengkap mengenai pengertian dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada kehidupan sehari-hari. Bagaimana, sudah paham kan tentang pengertian dan fungsi IT ? jika sudah jangan lupa juga membaca artikel terkait lainnya agar makin tahu tentang dunia IT. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
adsense 336x280